Pages

Kamis, 08 November 2012

Kota Pangalengan

Pangalengan, kota kecil di selatan Bandung ini memiliki keindahan yang membuat saya selalu rindu untuk datang kembali. Pada tahun 2010, saya mulai mengenal keindahan Pangalengan dengan panorama kebun tehnya yang memukau mata saya. Tidak hanya itu, Pangalengan menyuguhkan keramahan masyarakat, kesejukan udaranya, serta serba serbi lainnya yang membuat saya terpesona.

Tidak hanya kebun teh yang menjadi daya pikat kota kecil ini. Ragam sayur mayur yang ada di kota Pangalengan dengan harganya yang terbilang sangat ekonomis, membuat saya sering berbelanja sayur mayur untuk dijadikan buah tangan saat kembali ke kota saya tinggal saat ini. Selain penghasil teh, dan sayur mayur, Pangalengan juga merupakan kota penghasil susu sapi murni. Pada saat itu saya hanya butuh merogok kocek 5.000 rupiah saja untuk mendapatkan susu sapi murni dan segar. Sehingga tidak heran kalau Pangalengan memiliki banyak olahan berbahan dasar susu sapi.


Selama hampir dua tahun di Pangalengan, saya hanya mengunjungi beberapa tempat saja, sayang memang, karena sebenarnya Pangalengan memiliki sudut-sudut kota yang menarik untuk dikunjungi. Dan tempat-tempat yang saya kunjungi pada saat itu yaitu, Hulu Sungai Citarum, Perkebunan Teh Malabar, Situ Cileunca, serta Gunung Wayang.










Bagi saya yang sudah terbiasa dengan suhu cuaca di kota Karawang yang terbilang panas., membuat saya sedikit kerepotan menghadapi cuaca di kota Pangalengan yang terbilang extrim. Di saat siang suhu di Pangalengan bisa mencapai 250 Celcius. Dan di waktu malam hari cuaca di kota penghasil kentang ini bisa mencapai 100 Celcius bahkan bisa lebih dingin lagi saat musim kemarau tiba. Dari kota Bandung sendiri, jarak menuju Pangalengan masih membutuhkan kurang lebih 2 jam.







Untuk anda yang belum pernah melancong ke kota Pangalengan, rasanya berwisata ke kota yang satu ini bisa menjadi salah satu daftar tempat yang bisa anda kunjungi pada saat liburan tiba. Karena selain tempatnya yang sangat menarik, sejuk, dan nyaman, anda tidak perlu dirisaukan oleh tempat penginapan. Di Pangalengan sendiri telah tersedia beberapa hotel yang bisa menajadi pilihan untuk anda singgai sebagai tempat peristirahatan. Bila anda ingin menginap dekat dengan lokasi pasar anda bisa memilih Puri Hotel. Sebelum Puri Hotel anda juga bisa menjumpai Damanaka Hotel, tapi jika anda ingin menginap dekat dengan suasana pegunungan di Pangalengan anda bisa menginap di Citere Hotel. 
Hotel Puri

Hotel Damanaka
Hotel Citere


Masih banyak lagi tempat yang belum terjamah menjadi cerita. Semoga saya dapat berkunjung kembali dan menceritakan lebih banyak lagi tempat-tempat menarik di kota Pangalengan.


0 komentar:

Posting Komentar